Wednesday, May 13, 2020

Pembimbing Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)

Pembimbing Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan setiap tahun oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia merupakan kompetisi ide dan kreativitas mahasiswa setiap institusi pendidikan tinggi di seluruh Indonesia. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengajukan proposal PKM tahun 2019 untuk pendanaan tahun 2020. PKM terdiri dari PKM 5 Bidang, PKM Karya Tulis (PKM-KT), dan PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK).

PKM 5 Bidang terdiri dari:

1. PKM-Penelitian (PKM-P)
2. PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M)
3. PKM-Kewirausahaan (PKM-K)
4. PKM-Teknologi (PKM-T)
5. PKM-Karsa Cipta (PKM-KC)

PKM-Karya Tulis (PKM-KT) terdiri dari:

1. PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI)
2. PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT)


Berdasarkan Surat Keputusan Nomor : 009/WKNA/SK/XI/2019, saya berkesempatan memimbing dua proposal PKM yang diajukan oleh dua kelompok mahasiwa. Proposal PKM yang kami ajukan masuk dalam kategori PKM-Karsa Cipta (PKM-KC).

Surat Keputusan Nomor 009/WKNA/SK/XI/2019


Lampiran Surat Keputusan Nomor 009/WKNA/SK/XI/2019

PKM KC adalaha jenis penciptaan yang didasari pada karsa dan nalar mahasiswa. Keluaran dari PKM KC mengasilkan suatu sistem, disain, model barang, atau prototipe dan sejenisnya. PKM KC tidak membutuhkan mitra, tetapi lebih kepada masalah kebaruan dan nilai-nilai yang bersifat instan. Karena itu produk yang dihasilkan dituntut menggunakan teknologi yang mutakhir.
Patut diingat bahwa PKM adalah ide mahasiswa, dosen hanya mengarahkan mahasiswa untuk bisa menuangkan ide hebat tersebut kedalam sebuah proposal.

Data Pembimbing Usulan Proposal PKM

No comments:

Post a Comment