Tuesday, March 14, 2017

Analisis Kelemahan Sistem

Analisis Kelemahan Sistem - Pada tahap analisis sistem, analis mempunyai tugas mendefinisikan masalah sistem, menentukan tujuan dan mengumpulkan kebutuhan sistem yang akan dikembangkan. Permasalahan atau kelemahan sistem adalah kondisi atau situasi yang menyimpang dari sasaran atau tujuan organisasi atau perusahaan yang dapat menurunkan kinerja, informasi, ekonomi, keamanan aplikasi, efisiensi, dan pelayanan. Menurut Al Fatta (2007), untuk mengidentifikasi masalah harus dilakukan analisis terhadap kinerja, informasi, ekonomi, keamanan aplikasi, efisiensi, dan pelayanan pelanggan atau dikenal analisis PIECES.
1. Analisis Kinerja (Performance)
Adalah kemampuan dalam menyelesaikan tugas bisnis dengan cepat sehingga sasaran dapat segera tercapai. Kinerja diukur dengan jumlah produksi (trough put) dan waktu tanggap (response time). Perangkat lunak yang dikembangakan ini akan menyediakan jumlah produksi dan waktu tanggap yang memadai untuk kebutuhan manajemen.

2. Analisis Informasi (Information)
Laporan-laporan yang sudah selesai diproses digunakan untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan oleh manajemen di dalam pengambilan keputusan. Informasi merupakan hal yang tidak kalah penting karena dengan informasi tersebut pihak manajemen akan merencanakan langkah-langkah selanjutnya. Jika perangkat lunak bisa menghasilkan informasi yang berkualitas maka akan berdampak baik terhadap manajemen yang ada namun sebaliknya jika informasi yang dihasilkan kurang berkualitas tentunya akan berdampak kurang baik terhadap manajemen yang ada.

3. Analisis Ekonomi (Economy)
Analisis Ekonomi adalah penilaian perangkat lunak dalam pengurangan dan keuntungan yang akan didapatkan dari perangkat lunak yang dikembangkan. Perangkat lunak ini akan memberikan penghematan operasional dan meningkatkan keuntungan perusahaan. Sementara keuntungan didapat dari peningkatan nilai informasi dan keputusan yang dihasilkan.

4. Analisis Keamanan (Security)
Sistem keamanan yang diberikan oleh perangkat lunak dapat mengamankan data dari kerusakan, misalnya dengan membuat back up data. Selain itu, sistem keamanan juga harus dapat mengamankan data dari akases yang tidak diijinkan, biasanya dilakukan dengan password terutama pada form aplikasi dan database-nya.

5. Analisis Efisiensi (Efficiency)
Efisiensi erat kaitannya dengan bagaimana sumber daya yang ada telah digunakan. Pemanfaatan sumberdaya secara maksimal yang meliputi manusia, mesin, uang, sumber bahan baku, peralatan, metode untuk pengolahannya merupakan bagian dari efisiensi sistem yang dikembangkan.

6. Analisis Pelayanan (Services)
Pelayanan adalah sistem mencakup pelayanan yang diberikan oleh perangkat lunak pada beberapa elemen, baik elemen yang bersifat langsung maupun tidak langsung dan pihak lain yang membutuhkan. Perkembangan organisasi dipicu peningkatan pelayanan yang lebih baik. Peningkatan pelayanan terhadap perangkat lunak yang dikembangkan akan memberikan (Al-fatta, 2007) :
  1. Akurasi dalam pengolahan data.
  2. Kehandalan terhadap konsistensi dalam pengolahan input dan outputnya serta kehandalan dalam menangani pengecualian.
  3. Kemampuan menangani masalah yang di luar kondisi normal.
  4. Sistem mudah dipakai.
  5. Mampu mengkoordinasi aktifitas untuk mencapai tujuan dan sasaran
Fatta, H. 2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Penerbit Andi. Yogyakarta.

3 comments:

  1. bermanfaat sekali min..terimakasih

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Ini analisis untuk melihat kelemahan sistem dan menentukan kebutuhan atau rekomendasi sistem

      Delete