Program Menghitung Periode Kemunculan (Frekuensi) dengan C++ - Misal terdapat sejumlah data yang kita ingin menghitung periode kemunculannya (frekuensi) dari data tersebut menggunakan C++. Caranya adalah kita mengurutkan data tersebut secara naik terlebih dahulu, baru selanjutnya kita menghitung periode kemunculanya. Untuk mengurutkan data, cara paling sederhana adalah dengan membandingkanya, jika data tersebut lebih besar maka kita dapat menggunakan algoritma pertukaran. Logika program ini hampir mirip dengan Program Mencari Frekuensi yang Sering Muncul pada Sembarang Data yang Diinputkan, cuma saya buat dengan menggunakan DEV C++ dan menggunakan data statis.
Monday, December 25, 2017
Program Konversi Desimal ke Biner dengan C++
Program Konversi Desimal ke Biner dengan C++ - Apa itu bilangan decimal ? Bilangan decimal adalah sistem bilang yang menggunakan 10 macam simbol, yaitu 0,1,2,3,4,5,6,7,8,dan 9. Sistem bilangan decimal ini menggunakan basis 10. Bentuk nilai ini dapat berupa integer desimal atau pecahan. Contoh misalnya 8598 dapat diartikan :
![]() |
Sistem bilangan desimal |
Deret Fibonacci dan Aplikasinya dengan C++
Deret Fibonacci dan Aplikasinya dengan C++ - Deret Fibonanci adalah sebuah deret yang suku pertamanya bernilai 0 dan suku keduanya 1, sedangkan untuk suku ketiga dan seterusnya merupakan penjumlahan dua suku sebelummnya, Misal untuk ke-3 yaitu penjumlahan suku pertama yaitu 0 dan suku kedua yaitu 1 sehingga nilainya (0+1) = 1, suku ke-4 penjumlahan suku kedua yaitu 1 dan suku ke tiga yaitu 1 sehingga nilainya adalah (1+1) = 2.
Dengan aturan ini, maka barisan bilangan Fibonaccci yang pertama adalah:0, 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, 34, 55, 89, 144, 233, 377, 610, 987, 1597, 2584, 4181, 6765, 10946...
Friday, March 17, 2017
Desain Perangkat Lunak
Desain Perangkat Lunak - Desain
perangkat lunak, yaitu menerjemahkan syarat/kebutuhan yang masih
berupa konsep menjadi sesifikasi perangkat lunak yang nyata sebelum
dimulai pemunculan kode (coding). Sebagaimana analisis, desain ini
juga harus
didokumentasikan.
Tahapan
desain sistem dapat dibagi menjadi dua tahap, yaitu sebagai berikut :
a.Desain
Logis
Pada
desain logis kebutuhan fungsional akan digambarkan terpisah dengan
lingkungan fisik dimana data mengalir dan disimpan.
Contoh
: pembuatan diagram alir, DFD, Use Case
Wednesday, March 15, 2017
Perbedaan Penggunaan Include, Require, Include_once dan Require_once
Perbedaan Penggunaan Include, Require, Include_once dan Require_once - Apa perbedaan penggunaan include, require, include_once dan require_once?
Fungsi include() kita gunakan ketika kita ingin menyertakan file kedalam proses di PHP. Kode dalam file akan dijalankan ketika fungi include di panggil dan jika terdapat error pada program yang disertakan, maka error akan ditampilkan di layar. Kalo ternyata file yang di sertakan ternyata tidak ditemukan ( karena lokasi yang salah atau memang file tidak ada), maka program selajutnya (setelah include) akan tetap dijalankan walaupun ada pesan error.
Tuesday, March 14, 2017
Analisis Kebutuhan Perangkat Lunak
Analisis Kebutuhan Perangkat Lunak - Penentuan kebutuhan perangkat lunak merupakan langkah yang paling krusial dalam tahapan pengembangan perangkat lunak. Menurut Al Fatta (2007), untuk mempermudah system analis menentukan keseluruhan requirement secara lengkap, maka analis membagi kebutuhan sistem ke dalam 2 jenis.
Metode Analisis PIECES pada Sistem Informasi Perpustakaan STMIK ELRAHMA Yogyakarta
Contoh Kasus PIECES pada Sistem Infromasi Perpustakaan STMIK ELRAHMA Yogyakarta
Pegawai di perpustakaan STMIK ELRAHMA Yogyakarta telah lama mengeluhkan beban kerja yang sangat berat. Jumlah buku yang sangat banyak di perpustakaan memerlukan system katalog yang memudahkan pencarian maupun penghitungan koleksi.
Mahasiswa juga mengeluhkan antrian yang lama ketika akan meminjam ataupun mengembalikan buku.
Selain itu mahasiswa juga mengeluhkan besarnya denda yang tidak sesuai dengan keterlambatan peminjaman buku.
Di akhir semester, laporan tahunan menyatakan jumlah buku yang hilang cukup besar. Namun penyebab hilangnya buku tidak diketahui dengan pasti, apakah diambil dari perpustakaan tanpa ijin atau belum dikembalikan oleh mahasiswa yang meminjam.
Manajer perpustakaan juga kesulitan mengumpulkan informasi yang berhubungan dengan perpustakaan jika ingin mengambil keputusan.
Subscribe to:
Posts (Atom)